Senin, 02 Maret 2015

Bernadus Rossi Zakaria 14.12.7859 14-S1-SI-01

APA ITU SMART ENTERPRENEUR?

Hallo sahabat enterpreneur, kali ini saya akan menulis tentang bagaimana menjadi seorang enterpreneur, tapi bukan sembarang enterpreneur. Saya akan mengulas tentang menjadi smart enterpreneur, apa itu smart enterpreneur?? Kebetulan saya berkuliah di kampus STMIK AMIKOM, di kampus ini mewajibkan 20% dari mahasiswannya untuk bisa bergelut di dunia enterprenuer, oleh sebab itu saya menulis artikel ini biar bisa share apa yang saya dapat dari kampus tercinta saya hehe

Jadi langsung aja, selamat membaca artikel saya hueheehehe

APA ITU SMART ENTERPRENEUR?
Sebelum itu kita harus mengetahui asal mula enterprenuer, istilah enterprenuer dipopulerkan oleh seorang ahli ekonomi asal australia yang bernama Joseph Schumpeter (1883 - 1950). 

Menurut pak Joseph huee.. , keseluruhan proses perubahan ekonomi akhirnya tergantung pada pribadi pelakunya yaitu enterprenuer (wiraswastawan) kewirausahaan (enterprenuership) pertama kali menyangkut perubahan. 

Enterprenuer selalu mencari perubahan, menanggapinya dan memanfaatkannya sebagai suatu peluang. Setiap perubahan ditanggapinya secara kreatif dan inovatif, sekarang kita akan mengulas smart enterprenuer. Pengertian akan dimulai dari kata SMART ENTERPRENUER itu sendiri..

SMART berarti cerdas atau pintar. Kong Hu Cu mengatakan "Jika Anda tidak pandai, maka Anda harus cerdas". Definisi yang lebih luas smart enterprenuer adalah orang yang mampu menciptakan bisnis baru serta kreatif dan inovatif dengan mengambil risiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dangan cara mengidentifikasi peluang dan ancaman serta menggabungkan dengan sumberdaya yang dimilikinnya. Pada dasarnya smart enterprenuer menggunakan otak kanan dan otak kiri secara optimal atau penggunaan intuisi dan informasi secara cerdas. Intuisi merupakan bisikan hati, intuisi merupakan kemampuan mengetahui sesuatu tanpa difikirkan secara sadar.

Ini ada sedikit daftar beberapa orang yang merupakan smart enterprenuer:
  • Bill Gates (Microsoft)
  • Steve Jobs (Apple Macintosh)
  • Henry Ford (Ford Motor)
  • Seichiro Honda (Honda)
  • Akio Morita (Sony)
  • Konusuke Matsushita (Matsushita)
  • Anita Roddick (The Body Shop)
  • Sam Walton (Wal-Mart)
  • Jerry Yang (Yahoo)
  • Jeff Bezos (Amazon)
  • Piere Omidyar (eBay)
Gmana sahabat enterprenuer? Udah ngertkan apa itu smart enterprenuer, yah kalau kita bisa jadi smart enterprenuer kalau bisa menghasilkan bisa bantu orang tua bayar uang kuliah wkwkwk

Yah sekian artikel kali ini semoga apa yang saya tulis diatas bermanfaat bagi sahabat enterprenuer dimanapun berada, tetap ikuti blog saya ya karna masih banyak informasi menarik tentang seputaran enterprenuer yang perlu kalian tahu hehehe.. Sekian dan Terima Kasih...
Sumber: Buku SMART in ENTERPRENUER karangan M.Suyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar